Magang Kerja Mahasiswa: Implementasi Teori Ke Dalam Praktik

Magang Kerja Mahasiswa: Implementasi Teori Ke Dalam Praktik

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Elvi Susanti mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) jurusan manajemen semester 8. Tidak semua jurusan di bangku kuliah menerapkan program magang, tetapi di jurusan manajemen Universitas Muhammadiyah Riau menjadikan program magang sebagai mata kuliah wajib.

Saya sangat antusias sekali dengan program ini karena magang memiliki salah satu keuntungan bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan mengenai dunia kerja dan keterampilan praktis.

Untuk program magang Universitas Muhammadiyah Riau bisa di lakukan di instansi pemerintahan maupun swasta. Lokasi dari tempat magang sendiri di tentukan oleh mahasiswa yang bersangkutan, tentunya dengan beberapa ketentuan dari kampus. Saya sendiri memilih kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kelas I kota Dumai.

Kantor Kesyahbandaran dan Ototritas Pelabuhan Kelas I Dumai terletak di Jln Yos Sudarso kota Dumai Lembaga ini berfungsi untuk melaksanankan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran serta koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan. 

Unit yang saya tempati selama mengikuti kegiatan magang adalah ruangan tata usaha. Ruangan ini terdiri dari beberapa bagian seperti bagian kepegawaian dan keuangan yang bertugas untuk melakukan urusan kepegawaian,pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional, pengelolaan urusan keuangan pelaporan sistem akuntansi instansi (SAI) serta pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Kemudian bagian umum dan hubungan masyrakat yang mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, dan uusan umum, pertimbangan dan bantuan hukum, serta hubungan masyarakat, penyususnan sosialisasi peraturan kepelabuhan.

Selama proses magang di kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kota dumai saya mendapatan pengalaman dan pembelajaran. Tugas selama magang yaitu mengarsip surat, menomorkan surat dan melakukan pendataan untuk karyawan yang ada di kantor, retype SOP. 

Kegitan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang memang biasa di lakukan selama kegiatan magang di kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan kota dumai. Di instansi ini saya juga belajar mengenai bagaimana budaya organisasi yang pernah saya pelajari di kampus saya.

Pengalaman dan pengajaran yang sangat berkesan saya dapatkan selama mengikuti kegiatan magang diantaranya adalah lingkungan kerja yang sangat kondusif. 

Di kantor Kesyahbandran dan toritas pelabuhan kota dumai memiliki budaya organisasi yang sangat baik seperti solidaritas antar pegawai dan keramahan terhadap sesama pegawai, hal ini menjadikan suasana kerja yang nyaman dan berdampak kepada kualitas kinerja yang di hasilkan.

Ucapan terimakasih saya kepada seluruh orang yang terlibat dalam proses magang saya. Program ini sangat bermanfaat untuk saya mengembangankan pengetahuan dan menambah pengalaman saya pada dunia dunia kerja. 

Bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan magang jangan merasa takut ataupun canggung karna program magang ini sangat berguna untuk diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan dan untuk pengembangan diri. 

Berita Lainnya

Index